Posted by : Banana Harajuku Minggu, 17 Agustus 2014

arf25production.com, Jabar- artikel ini sengaja diterbitkan ulang untuk menyemarakkan geliat Penjualan Online.

Provinsi Jawa Barat dikenal dengan  koperasi dan usaha mikro kecil  menengah (UMKM ) yang besar, disertai dengan sumber daya pendukungnya yang kian meningkat. Apabila perkoperasian dan UMKM ini dapat dikelola dengan tepat dan berdaya saing, maka secara tidak langsung akan lebih meningkatkan kesejahteraan bagi pengusaha itu sendiri.
 
 
Salah satu aspek penting dalam pengelolaan perkoperasian dan UMKM secara tepat adalah dengan memanfaatkan data dan informasi. Data dan informasi tersebut dapat dijadikan sebagai alat untuk memecahkan permasalahan dalam pengembangan perkoperasian dan UMKM.
Pengelolaan data dan informasi ini dapat dilakukan menggunakan system data base online dengan cara memanfaatkan media teknologi informasi internet. Dari hasil survey yang dilakukan oleh Badan Pusat Statistik  (BPS) mengenai profil UMKM pada tahun 2001, terungkap bahwa kendala yang banyak dihadapi oleh perkoperasian terutama oleh pengusaha  UMKM  salah satunya adalah kendala promosi dikarenakan biaya yang cukup mahal dan tidak terjangkau oleh pengusaha mikro kecil dan menengah.

Pengusaha mikro kecil dan menengah dalam mempromosikan produknya tidak meningkatkan pangsa pasar banyak yang belum menganggarkan untuk biaya promosi. Keterbatasan pengetahuan para pelaku UMKM di Jawa Barat tentang pemanfaatan teknologi informasi melalui media internet dengan sistem belanja online atau electronic commerce (e-commerce). Bertepatan dengan Pembukaan Pameran Produk KUMKM Perempuan yang berlangsung Kamis (205) di Gedung Senbik UMKM Bandung diluncurkan portal Dinas KUMKM dengan nama Gerai KUMKM.

Maksud e-commerce ini sebagai sarana Promosi. Promosi  adalah salah satu bagian yang sangat diperlukan oleh KUMKM dalam mengembangkan produk produknya baik ditingkat regional maupun internasional, dalam pelaksanaannya Dinas KUMKM Jawa Barat akan mempromosikan Produk-produk unggulan KUMKM Jawa Barat. Melalui   media internet atau jaringan E-commerceBelanja Online yang disediakan oleh Dinas KUMKM Jabar dan diharapkan mampu untuk lebih  memperluas pangsa pasar dan informasi kepada masyarakatkonsumen maupun KUMKM karena disamping biaya promosi yang murah, market yang tersedia juga akan semakin luas karena dengan E-Commerce ini, belanja dapat dilakukan kapan saja dan dimana saja di seluruh penjuru dunia melalui jaringan internet.

Tujuan kehadiran e-commerce ini untuk memperluas promosi produk KUMKM Jabar baik ditingkat regional maupun nasional, Peningkatan transaksi perdagangan KUMKM Jabar, peningkatan pendapatan KUMKM Jabar dan meningkatkan kepercayaan Lembaga Keuangan Bank, Non Bank maupun BUMN dan BUMD. Yang menjadi sasaran dalam mengikuti program e-commerce 2010 adalah KUMKM sebanyak 100 KUMKM untuk tahap percobaan atau tahap awal ini.

Kehadiran portal ini diharapkan terjadi peningkatan transaksi perdagangan sebanyak 20% bagi produk-produk KUMKM Jawa Barat ditahun 2010 dan meningkatnya para KUMKM dalam mengakses teknologi informasi melalui jaringan internet.

source: http://diskumkm.jabarprov.go.id/

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © COACH RUKMANA ARIEF - Blogger Templates - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -